Minggu, 26 Juni 2016

SIMPLE CHURCH NETWORK



SIMPLE CHURCH NETWORK
Saat ini Tuhan tengah membangkitkan umat Tuhan dari beragam profesi dengan sebuah kesadaran dan kerinduan untuk menggenapi amanat agung Tuhan dalam memuridkan dan memperluas kerajaan Tuhan di luar tembok tradisi dan denominasi yang kaku. Larry Krieder dan Floyd McClung menyatakan dalam buku Starting A House Church,” Bila kita hendak menjangkau 3 Miliar orang di muka bumi, yang kebanyakan tinggal di pedesaan tertinggal dan daerah perkotaan yang padat maka tidak memungkinkan kita menggunakan cara program terpadu dan model rohaniwan profesional ala gereja Barat.” Tuhan membangkitkan baik kalangan yang dikenal sebagai rohaniwan maupun awam untuk berjalan bersama memuridkan bangsa-bangsa dan memperluas kerajaan Tuhan tanpa memandang organisasi ataupun profesi  tetapi mau kembali bersama berfungsi sebagai tubuh Kristus.
Institusi gereja telah berkarya menjangkau jiwa-jiwa selama ini namun masih ada banyak jiwa yang belum terjangkau. Simple Church Network hadir untuk mengisi kekosongan dan menjangkau jiwa-jiwa yang selama ini belum terjangkau. Bila orang sulit “di bawa ke gereja” maka kami membawa “gereja ke rumah atau komunitas” mereka. Kami percaya bahwa setiap keluarga layak mendengar berita Injil dan melihat teladan umat Tuhan secara lebih nyata di tengah masyarakat. Kami mempersiapkan semua anak Tuhan menjadi murid Kristus yang siap dan kuat dalam segala situasi, tetap mampu bertumbuh dalam suasana “damai” maupun saat terjadi aniaya. Memiliki fleksibilitas untuk beribadah dalam berbagai kondisi maupun tempat. Penanaman gereja yang kami kerjakan adalah dengan menggunakan pola gereja dalam Perjanjian Baru dimana kita bisa berkumpul bersama di rumah, di taman, di bukit, di gedung ibadah atau berbagai tempat lainnya untuk beribadah…. Baik dalam kelompok besar, kelompok kecil (12-15 orang) atau kelompok mikro (2-3 orang saja).
Simple Church Network merupakan kumpulan para murid Tuhan dan praktisi penanam gereja yang mengikuti model gereja mula-mula. Beberapa kerinduan kami:
·         Kerinduan kami adalah melihat semua keluarga anak Tuhan memulai pemuridan di rumahnya, menghasilkan murid-murid baru di rumah membawa dampak dalam komunitasnya, kotanya, bangsanya dan bangsa-bangsa lain.
·         Kerinduan kami adalah untuk bekerjasama dengan setiap anak Tuhan, komunitas atau jejaring simple church atau gereja rumah lainnya dan institusi gereja yang sudah ada  untuk dapat menjangkau suku terabaikan dan komunitas subkultur di perkotaan maupun pelayanan untuk memberkati kota melalui kegiatan sosial maupun hal lainnya yang diwahyukan Tuhan.
·         Kerinduan kami adalah menjadi katalisator dalam pergerakan pemuridan dan mempersiapkan setiap anak Tuhan untuk terlibat aktif menjadi saksi dan penanam gereja di lingkungannya (sekolah, kampus, kantor, pabrik, dll) sesuai Kisah Para Rasul 1:8.
·         Kerinduan kami adalah berjejaring dengan setiap anak Tuhan, gereja rumah maupun institusi gereja yang memiliki visi untuk menjangkau suku terabaikan dan komunitas subkultur perkotaan, kepedulian terhadap saudara atau gereja teraniaya, pelayanan bagi kaum papah, seperti para janda, anak yatim piatu, gelandangan dan pengungsi, pelayanan kemasyarakatan seperti pro life, ODA/HIV Aids, penanganan bencana alam, dll.
·         Kerinduan kami adalah memperlengkapi jejaring gereja rumah maupun institusi gereja kecil untuk dapat mencapai visi dan misi mereka. Kami bersedia membantu untuk memberikan pelatihan-pelatihan praktis (tujuan pelatihan agar setiap peserta menjadi pelaku dan bukan hanya pendengar), mengadakan proyek pelayanan kemanusiaan, mengutus tim kecil (short terms mission team) dan menjadi rekan dalam perjalanan pelayanan anda tanpa memandang organisasi maupun institusi sebab kita telah dipersatukan oleh Kristus sebagai tubuhNya. Kami sangat menghargai perbedaan dan keunikan setiap individu dan panggilan pelayanan masing-masing.
Harapan kami dapat bekerja bersama tubuh Kristus untuk membawa berita Injil ini sampai ke ujung bumi . Sebagaimana tertulis dalam Injil Matius 24:14, Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”
Ladang sudah menguning tetapi pekerja sangat sedikit (Matius 9:37-38). Saya berdoa agar saat ini lebih banyak jiwa dapat melihat tuaian yang sudah menguning itu….. jiwa-jiwa yang membutuhkan kasih Tuhan…memerlukan belaskasihan Tuhan…..NAMUN…….belum ada yang pergi. Doa saya agar umat Tuhan itu dibangkitkan…disadarkan…. Keluar dari balik tembok gereja dan tidak hanya sekedar menjadi orang Kristen penghangat bangku gedung ibadah gereja….. Saya tidak menjanjikan bahwa perjalanan ini akan mudah…… perjalanannya akan sangat berat…. TAPI jangan khawatir sebab Tuhan akan menyertai kita sampai kesudahan zaman bila kita taat melakukan Amanat Agung (Matius 28:18-20, Markus 16:15-18, Kisah Para Rasul 1:8). Adakah yang mau diutus?
Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata:”Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku.” (Yesaya 6:8)

Tidak ada komentar: